Monday, August 5, 2013
Berlangganan

Pengertian dan Definisi Blog

Pengertian dan Definisi Blog

Sebelum melakukan aktivitas blogging atau ngeblog, hal yang pertama kali kita ketahui adalah dasar dasar mengenai blog serta pengertian dan definisi blog. Hal ini memang perlu diketahui terlebih dahulu karena ini akan menentukan niatan awal kita untuk ngeblog. Apakah membuat blog haya untuk diary, untuk bercerita kepada orang lain atau bahkan untuk menghasilkan uang melalui sebuah bahkan beberapa blog.

Dikutip dari pengertian pribadi saya, blog merupakan sebuah wadah atau sarana untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran kita kepada orang lain, baik yang berupa gambar ataupun tulisan. Hal ini dikarenakan bahwa blog merupakan media visual, jadi hal yang paling utama di dalam suatu blog paling tidak adalah berupa gambar dan juga tulisan.

Dengan definisi tersebut, paling tidak anda sudah tahu bahwa nantinya yang dimasukkan di blog adalah berupa media visual meskipun tidak jarang pula beberapa blogger menyelipkan sedikit media audio di dalam blog, sehingga dikenal sebagai blog audiovisual.

Jika anda masih nggak mudeng da nggak mengerti dengan definisi di atas. Masih ada istilah yang lebih gampang lagi, yakni blog itu ibarat buku tulis online. Kita bisa mengisi apa saja di blog dan kita bisa membagikannya kepada pengguna internet yang lain tentang apa yang kita isikan di blog tersebut. Jadi intinya ngeblog itu sama dengan mengisi sebuah buku/kertas kosong.

Ada banyak jasa penyedia jasa blog gratis yang lazim dipakai di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah blogspot, wordpress, tumblr, dan blogdetik. Keempat blog itu sangat umum digunakan di Indonesia dan digunakan oleh banyak blogger juga tentunya. 

Meskipun pada intinya keempat layanan tersebut memiliki dasar yang sama, namun saya sarankan bagi Anda yang masih baru di dunia blog untuk menggunakan jasa dari blogspot, karena menurut saya blog dengan dasar blogspot lebih mudah dipahami dan juga pengaturannya lebih mudah. Namun bagi anda yang ingin belajar lebih dalam juga boleh belajar mencoba layanan blog yang lain karena itu adalah hak Anda.

Kembali kepada definisi blog, dengan sedikit dasar ini saya harapkan Anda untuk bisa memahami terlebih dahulu apa itu blog dan juga nantinya seperti apa blog itu ke depannya. Jadi Anda tata dulu niatan untuk ngeblog, apakah Anda ingin membuat blog puisi, blog foto hewan, ataupun blog yang lainnya. Semua itu terserah Anda karena blog itu nantinya ibarat buku tulis yang bisa Anda isi sendiri.

Sebelum Anda memulai alangkah lebih bijak untu memahami apa yang akan Anda mulai, agar Anda nyaman untuk melakukan aktivitas tersebut. Demikian sedikit informasi mengenai pengertian dan definisi blog, terima kasih dan semoga bermanfaat.